Standar 6 |
PeMBIAYAAN, Prasarana, Sarana, DAN SISTEMINFORMASI |
6.1 Pengelolaan Dana
Keterlibatan aktif program studi tercerminkan dalam dokumen
tentang proses perencanaan,
pengelolaan dan pelaporan serta pertanggung-jawaban penggunaan dana kepada pemangku kepentingan melalui
mekanisme yang transparan dan akuntabel.
Proses
perencanaan dan pengelolaan anggaran hingga pelaporannya di Jurusan
Pendidikan Seni Rupa dilakukan sesuai mekanisme yang ditetapkan universitas.
Tahapan pertama dalam penyusunan RKAT (Rancangan Kegiatan Anggaran Tahunan)
jurusan merupakan tindaklanjut dari
arahan dan instruksi pada rapat di tingkat universitas yang dihadiri
oleh para pimpinan prodi, jurusan, fakultas hingga universitas.Informasi dan
arahan yang diberikan dalam rapat tingkat universitas ini kemudian
ditindaklanjuti dengan rapat kordinasi di tingkat fakultas dan jurusan.
Proses
pembuatan RKAT di jurusan dilakkukan oleh team dosen yang ditunjuk sesuai
dengan tanggung jawab bidang yang diamanatkan dalam struktur organisasi
jurusan. Usulan dari masing-masing bidang ini kemudian di susun oleh tim
penyusun RKAT yang dipimpin langsung oleh ketua jurusan. Draft RKAT
selanjutnya dibahas bersama-sama sebelum diajukan ke universitas melalui
fakultas.
Dalam
hal pengelolaan, sesuai kebijakan keuangan universitas mulai tahun
2011pengelolaan keuangan Jurusan berada dibawah pengawasan fakultas. Setiap
anggaran yang dibutuhkan oleh pihak jurusan harus melalui melalui mekanisme
pengajuan kepada pejabat keuangan di fakultas berupa DUK (daftar usulan
keuangan). Usulan tersebut ditelaah kembali oleh pejabat keuangan di tingkat
fakultassebelum diusulkan ke tingkat universitas untuk direalisasikan.
Penelaahan ini diperlukan agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan
dalam penggunaan maupun pelaporan
Penggunaan
dana ini kemudian dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku,
diantaranya melalui SPJ dalam berbagai bentuk bukti penggunaan dana.
Penggunaan dana di tingkat jurusan ini senantiasa diinformasikan kepada dosen
secara lisan maupun tertulis, baik dalam rapat jurusan maupun kesempatan
lainnya yang memungkinkan untuk tersampaikannya informasi tersebut. Pada
setiap akhir tahun anggaran atau menjelang pengajuan RKAT baru, dilakukan
evaluasi realisasi RKAT dalam rapat intern jurusan. Rapat evaluasi ini sangat
diperlukan untuk meminimalisir penyimpangan dalam penggunaan dana maupun
realisasi program kerja.
Gambaran
alur perencanaan dan realisasi dana kegiatan jurusan dapat dilihat dalam
bagan sebagai berikut.
|
Gambar 6.1.
Mekanisme Perencanaan dan Pengelolaan jurusan
6.2 Perolehan dan Alokasi Dana
6.2.1 Tuliskan realisasi perolehan dan alokasi dana
(termasuk hibah) dalam juta rupiah termasuk gaji, selama tiga tahun terakhir, pada tabel
berikut:
Sumber
Dana
|
Jenis
Dana
|
Jumlah
Dana (Juta Rupiah)
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
PT
sendiri
|
Dana
Masyarakat (dana tabungan universitas)
|
677.425.000
|
650.120.000
|
761.417.000
|
Yayasan
|
||||
Diknas
|
||||
Sumber
lain
|
||||
Total
|
677.425.000
|
650.120.000
|
761.417.000
|
Penggunaan
dana:
No.
|
Jenis
Penggunaan
|
Persentase
Dana
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1
|
Pendidikan
|
487.225.000
|
337.639.000
20.000.000
12.000.000
|
9.806.000
411.471.000 4.900.000
37.500.000
54.000.000
15.000.000
|
2
|
Penelitian
|
52.000.000
|
11.480.000
10.000.000
10.680.000
12.000.000
|
39.300.000
22.550.000
20.000.000
|
3
|
Pengabdian kepada Masyarakat
|
61.950.000
|
19.840.000
|
11.380.000
|
4
|
Investasi prasarana
|
|||
5
|
Investasi sarana
|
20.000.000
|
||
6
|
Investasi SDM
|
25.250.000
|
20.000.000
69.860.000
|
69.380.000
9.000.000
|
Lain-lain :
|
51.000.000
|
106.621.000
|
No.
|
Jenis
Penggunaan
(lain-lain)
|
Persentase
Dana
|
||
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
1.
|
Kemahasiswaan
|
19.000.000
|
11.000.000
|
5.650.000
|
2.
|
Pengembangan Usaha
|
|||
3.
|
Peningkatan Citra UPI
|
25.160.000
|
45.480.000
|
|
4.
|
Penataan Kelembagaan dan Sistem manajemen
|
32.000.000
|
12.180.000
|
84.380.000
|
5.
|
Persiapan Akreditasi BAN PT
|
-
|
12.000.000
|
3.906.000
|
6.
|
Persiapan dan Implementasi mutu ISO 9001: 2008
|
-
|
12.000.000
|
5.900.000
|
7.
|
Pengembangan Sistem Pendidikan Profesional Guru
|
-
|
34.281.000
|
6.2.2 Dana untuk kegiatan penelitian pada tiga
tahun terakhir yang melibatkan dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan
program studi, dengan mengikuti format tabel berikut:
Tahun
|
Judul
Penelitian
|
Sumber
dan Jenis Dana
|
Jumlah Dana*
(dalam Juta Rupiah)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
2010
|
Pengaruh
Game Ber-Genre First Person Shooter Terhadap Pengguna Video Games di Kota
Bandung dalam Kajian Semiotik dan Psychoculture
|
Hibah
Kompetitif UPI
|
15.000.000
|
2010
|
Pengembangan
Model Program Wisata Pendidikan Batik sebagai Wahana Pembelajaran Apresiasi
Masyarakat
|
Program
Unggulan
|
30.000.000
|
2010
|
Pengaruh
Media Massa Pada Penciptaan Karya Seni Rupa Kontemporer
|
Hibah
Kompetitif UPI
|
15.000.000
|
2010
|
Dampak Sertifikasi
terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru (Studi Deskriptif Dampak
Penyelenggaraan Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru
SMA di Jawa Barat).
|
Penelitian
Kelembagaan UPI
|
50.000.000
|
2011
|
Eksplorasi Penggunaan Bahan Fiksasi untuk
Menentukan Jenis dan Arah Warna pada Proses Pewarnaan Kain Batik dengan Zat
Warna Alam (ZPA)
|
Penelitian Dosen
Pembinaan Dosen Muda
|
8.850.000
|
2012
|
Penciptaan Desain Motif
Batik UPI sebagai Upaya untuk Meningkatkan Identitas Lembaga (Corporat Identity)
|
Penelitian
Unggulan Berorientasi Hak Kekayaan Intelektual
|
74.750.000
|
2012
|
Model Pengembangan
Kewirausahaan Kreatif di Priangan
Timur
|
Penelitian Penugasan
UPI
|
50.000.000
|
2012
|
Kajian Makna Komik
Legenda Saung Kampret Karya Dwi Kundoro melalui Pendekatan Ikonologis
|
Penelitian Dosen
Muda
|
15.000.000
|
2013
|
Desain
Motif Batik pada Sentra Industri Kerajinan Batik Tumbuh di Jawa Barat (Studi
Komparatif Tema, Jenis, Fungsi dan Visual Estetik pada Desain Motif Batik
Tumbuh di Jawa Barat)
|
Hibah Penelitian
Skim Pembinaan dan Pengembangan
Kelompok Bidang Ilmu
(PPKBI) |
50.000.000
|
2013
|
Ekspresi
Perempuan di Pesisir Pantai Utara: Kajian Gender, Estetik, dan Semiotik Motif
Batik Indramayu di Desa Paoman Kabupaten Indramayu
|
Hibah Penelitian
Skim Pembinaan dan Pengembangan
Kelompok Bidang Ilmu
(PPKBI) |
50.000.000
|
Jumlah
|
* Di luar dana
penelitian/penulisan skripsi, tesis, dan disertasi sebagai bagian dari studi
lanjut.
6.2.3Dana yang diperoleh dari/untuk kegiatan pelayanan/pengabdian
kepada masyarakat pada tiga tahun terakhir dipaparkan pada tabel berikut:
Tahun
|
Judul
Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat
|
Sumber
dan Jenis Dana
|
Jumlah Dana
(dalam Juta Rupiah)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
2010
|
Pengembangan
Desa Sehat, Cerdas dan Sejahtera sebagai Laboratorium Sosial dan Pendidikan
Melalui Workshop Kriya Ikat Celup Pada Guru-Guru Dan Anggota PKK di Desa
Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung
|
UPI
|
11.000.000
|
2011
|
Desa Mandiri, Gotong
Royong, dan Sejahtera melalui Wisata Angklung Sundadi Kawasan LABSOSDIK UPI –
Kabupaten Subang
|
UPI
|
90.000.000
|
2012
|
Desa Wisata Berbasis Seni
Tradisional di Ciater Kabupaten Subang
|
UPI
|
75.000.000
|
2013
|
Model Pembinaan Industri Kreatif
pada Bidang Kriya untuk Meningkatkan TarafEkonomi Masyarakat di Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut
|
UPI
|
65.000.000
|
6.3 Prasarana
6.3.1 Data ruang kerja dosen tetap
yang bidang keahliannya sesuai dengan PS dengan mengikuti format tabel berikut:
Ruang
Kerja Dosen
|
Jumlah
Ruang
|
Jumlah
Luas (m2)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
Satu ruang untuk lebih dari 4 dosen
|
1
|
48
|
Satu ruang untuk 3 - 4 dosen
|
4
|
88
|
TOTAL
|
5
|
213
|
6.3.2 Data prasarana(kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio,
ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses belajar mengajar dengan mengikuti format tabel berikut:
NO.
|
JENIS PRASARANA
|
Jmlh.
Ruang
|
Total
Luas
(m2)
|
KEPE-MILIKAN
|
KONDISI
|
Utilisasi (Jam/minggu)
(1 jam = 50 menit)
|
||
SD
|
SW
|
Trwt
|
Tdk
Trwt
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
Lantai
Basment Gedung A
|
||||||||
Ruang Produk
Expo/Kelas
|
1
|
116
|
√
|
√
|
40
|
|||
Painting
Art/Kelas
|
1
|
106
|
√
|
√
|
16
|
|||
Lab
Batik/Ruang Lukis
|
1
|
58
|
√
|
√
|
16
|
|||
Ruang
Gudang/Pusat Listrik
|
1
|
20
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Alat Kebersihan/ME
|
1
|
12
|
√
|
√
|
||||
Toilet/WC
Laki-laki
|
1
|
20
|
√
|
√
|
||||
Toilet/WC
Perempuan
|
1
|
12
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Produk Expo
|
1
|
58
|
√
|
√
|
16
|
|||
Ruang
Produk Expo
|
1
|
58
|
√
|
√
|
16
|
|||
Kriya Art
Workshop
|
1
|
150
|
√
|
√
|
48
|
|||
Ruang
Patung
|
1
|
120
|
√
|
√
|
16
|
|||
Lantai 1
Gedung A
|
||||||||
Kelas
|
1
|
116
|
√
|
√
|
100
|
|||
Kelas
|
1
|
58
|
√
|
√
|
100
|
|||
14.
|
Ruang Koleksi Sumber Belajar
|
1
|
√
|
√
|
30
|
|||
Ruang
Kerja Dosen Seni Rupa
|
1
|
58
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Kerja Dosen Seni Rupa
|
1
|
30
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Kerja Dosen Seni Rupa
|
1
|
30
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Kerja Dosen Seni Rupa
|
1
|
30
|
√
|
√
|
||||
Ruang
Kerja Dosen Seni Rupa
|
1
|
30
|
√
|
√
|
||||
20.
|
Ruang
KaJurs. Seni Rupa
|
1
|
58
|
√
|
√
|
|||
Ruang Sek
Jurs. Seni Rupa
|
1
|
58
|
√
|
√
|
||||
22.
|
Ruang TU
Jurs. Seni Rupa
|
1
|
116
|
√
|
√
|
|||
Lantai 2
Gedung A
|
||||||||
Kelas
|
1
|
58
|
√
|
√
|
100
|
|||
Kelas
|
1
|
58
|
√
|
√
|
100
|
|||
Lantai 3
Gedung A
|
||||||||
Ruang
Komputer Grafis
|
1
|
62
|
√
|
√
|
8
|
|||
Lab
Fotografi
|
1
|
62
|
√
|
√
|
8
|
|||
Lantai 1
Gedung Eks-FPMIPA
|
||||||||
Studio
Keramik
|
1
|
59,50
|
√
|
√
|
16
|
|||
Studio
Patung
|
1
|
59,50
|
√
|
√
|
16
|
|||
Studio
Batik
|
1
|
59,50
|
√
|
√
|
16
|
|||
Gudang/Alat
dan bahan
|
1
|
29,75
|
√
|
√
|
Keterangan:
SD = Milik
PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama
6.3.3 Data prasarana
lain yang menunjang(misalnya
tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, poliklinik) dengan mengikuti format tabel berikut:
No
|
Jenis Prasarana Penunjang
|
Jumlah Unit
|
Total Luas (m2)
|
Kepemilikan
|
Kondisi
|
Pengelola
|
||
SD
|
SW
|
Tera-wat
|
Tdk Terawat
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
1.
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
12.000
|
√
|
√
|
|||
2.
|
Asrama Mahasiswa
|
3
|
3.167,5
|
√
|
√
|
Biro Asset dan
Fasilitas UPI
|
||
3.
|
Gedung PKM
|
1
|
1.888,0
|
√
|
√
|
|||
4.
|
Gedung Stadion Mini
|
1
|
2.280,0
|
√
|
√
|
|||
5.
|
Kolam Renang
|
1
|
8.000,0
|
√
|
√
|
|||
6.
|
Gd.
Kebudayaan
|
1
|
1.060,0
|
√
|
√
|
|||
7.
|
Training Centre
|
1
|
5.223,0
|
√
|
√
|
|||
8.
|
Poliklinik
|
1
|
704,5,0
|
√
|
√
|
Poliklinik
|
||
9.
|
Islamic Training Centre
|
1
|
6.911,64
|
√
|
√
|
ITC
|
Keterangan:
SD = Milik
PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama.
6.4 Sarana Pelaksanaan Kegiatan Akademik
6.4.1 Pustaka (buku teks, karya ilmiah, dan
jurnal; termasuk juga dalam bentuk CD-ROM dan media lainnya)
Rekapitulasi jumlah
ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang Jurusan pada format tabel 1
berikut:
Tabel 1. Rekapitulasi jumlah
ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang Jurusan
Jenis
Pustaka
|
Jumlah
Judul
|
Jumlah Copy
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
Buku
teks
|
42
|
45
|
Jurnal
nasional yang terakreditasi
|
-
|
|
Jurnal
internasional
|
-
|
|
Prosiding
|
-
|
|
Skripsi
|
558
|
|
Tesis
|
-
|
-
|
Disertasi
|
2
|
|
CD
Pembelajaran
|
16
|
23
|
Video
|
7
|
7
|
TOTAL
|
Jurnal/prosiding seminar yang tersedia/yang diterima secara teratur
(lengkap), terbitan 3 tahun terakhir dengan mengikuti format tabel 2 berikut:
Tabel 2. Jurnal yang tersedia/yang diterima secara
teratur (lengkap), terbitan 3 tahun terakhir
Jenis
|
Nama Jurnal
|
Rincian Tahun dan Nomor
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
Jurnal Terakreditasi DIKTI *
|
|||
Jurnal Internasional *
|
Catatan * = termasuk e-journal.
6.4.2Sumber-sumber pustaka di lembaga lain (lembaga Perpustakaan/
sumber dari internet beserta alamat website) yang biasa diakses/dimanfaatkan
oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa.
Sumber-sumber
pustaka lembaga lain terdapat di
Perpustakaan Daerah,
Perpustakaan Nasional, Perpustakaan perguruan tinggi lain, dan sumber dari website yang dapat diunduh melalui :
a. http:/search.ebscohost.com.
b. www.proquest.com/pgdweb
c. http://online.sagepub.com/
d. http://www.igpublish.com
e. http://www.oxfordjournals.org/
f. http://infotrac.galegroup.com/default
a. http://e-journal.dikti.go.id,
b. http://e-learning.dikti.go.id
|
1.4.3
Peralatan
utama yang digunakan di laboratorium (tempat praktikum,
bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan
sejenisnya) yang dipergunakan dalam
proses pembelajaran di jurusan/fakultas pada
format tabel berikut:
No.
|
Nama
Laboratorium
|
Jenis
Peralatan Utama
|
Jmlh.
Unit
|
KEPEMILIKAN
|
KONDISI
|
Utilisasi
(Jam/
minggu)
|
||
SD
|
SW
|
Trwt
|
Tdk.
Trwt
|
|||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
1
|
Lab Fotografi
|
Meja Komputer
|
16
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
AC Split
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Beam Light for Studio
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Flash Studio
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Profesional Tripod
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Beam Light/Lampu Sorot
|
5
|
√
|
√
|
|||||
Komputer PC
|
1
|
√
|
√
|
|||||
DVD Player
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Televisi
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Background
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kamera Analog
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kamera Analog
|
1
|
√
|
√
|
|||||
2
|
Studio Gambar dan Desain 1
|
Kursi Kuliah
|
36
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Papan Tulis
|
1
|
√
|
√
|
|||||
White Board
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Panel
|
5
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Kerja Putar Kecil
|
1
|
√
|
√
|
|||||
3
|
Studio Praktek Seni Rupa 1
|
White Board
|
2
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Papan Tulis
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Gambar
|
14
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
16
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Kuliah
|
48
|
√
|
√
|
|||||
√
|
√
|
|||||||
4
|
Studio Praktek Seni Rupa 2
|
Tungku Keramik Besar
|
1
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Tungku Keramik Kecil
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Alat Produk Tanah Liat
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Press
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Klesin Press
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Meja Sablon
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Sablon
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Jeger Keramik
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Jeger Keramik
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Jeger Keramik
|
1
|
√
|
√
|
|||||
5
|
Studio Gambar dan Desain 2
|
Angel Show
|
1
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Mesin Bubut
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Bubut
|
1
|
√
|
√
|
|||||
White Board
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kursi ding klik
|
53
|
√
|
√
|
|||||
Meja Gambar
|
20
|
√
|
√
|
|||||
Meja Gambar Besar
|
10
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Kerja Putar Kecil
|
12
|
√
|
√
|
|||||
Lemari Kayu
|
2
|
√
|
√
|
|||||
6
|
R. Pamer Karya 2
|
Meja Gambar
|
3
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Tabung Gas
|
6
|
√
|
√
|
|||||
Kompor Smawar
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Alat Pengaduk Tanah Liat/Clay Mixer
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Las Listrik
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Compresor
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Potong
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Grinding Mesin
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Palu
|
10
|
√
|
√
|
|||||
Pahat
|
10
|
√
|
√
|
|||||
Las Listrik
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Layar LCD
|
1
|
√
|
√
|
|||||
7
|
R. Pamer Karya 1
|
Kompresor
|
2
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Stabilizer
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Air Brush
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Lemari Besi
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Filling Cabinet
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Sablon
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Enlarger
|
1
|
√
|
√
|
|||||
8
|
Studio Seni Lukis
|
Etsel
|
10
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Etsel
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Excel Kecil
|
50
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
3
|
√
|
√
|
|||||
Kursi dingklik
|
16
|
√
|
√
|
|||||
9
|
Studio Komputer Grafis
|
Komputer PC
|
13
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Meja Komputer
|
19
|
√
|
√
|
|||||
AC Split
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Komputer PC
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Komputer PC
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Scanner
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Telepon Intern
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Hub Internet
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Printer
|
1
|
√
|
√
|
|||||
10
|
Ruang Batik
|
Meja Kayu
|
4
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Lemari Besi
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Filing Kabinet Besi
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Etalase Kaca Panjang
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Etalasi Kaca berdiri
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Besi Panjang
|
6
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kaca Mountase
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Lemari Perkakas Kayu
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Lemari Perkakas batik
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Kompor Gas semawar
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kompor Gas Kecil
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Gas 3 Kg
|
2
|
√
|
√
|
|||||
Lemari Perkakas Kaca
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Mesin Jahit
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kerja
|
1
|
√
|
√
|
|||||
11
|
Ruang Patung
|
lemari Besi
|
1
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Lemari Kayu
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Rak Besi
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kayu
|
16
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Dingklik
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Drum Plastik Tanah
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Meja Viktor
|
7
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kayu Besar
|
8
|
√
|
√
|
|||||
12
|
Ruang Keramik
|
Meja
|
12
|
√
|
√
|
Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
|
||
Kursi Dingklik
|
9
|
√
|
√
|
|||||
Meja Kayu
|
15
|
√
|
√
|
|||||
Meja Panjang
|
4
|
√
|
√
|
|||||
Rak Besi
|
1
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Kayu
|
13
|
√
|
√
|
|||||
Kursi Kerja
|
5
|
√
|
√
|
|||||
Meja Putar Keramik
|
11
|
√
|
√
|
Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama/Hak
Pakai.
6.5 Sistem Informasi
6.5.1 Penjelasan sistem informasi dan fasilitas yang
digunakan oleh program studi untuk proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll.).
Dalam
proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Seni Rupa, beberapa mata kuliah
secara langsung memanfaatkan hardware
dan software sebagai bagian
integral dari materi perkuliahan seperti pada kuliah komputer grafis, desain
komunikasi visual, media pembelajaran dan fotografi. Pada mata kuliah lainnya
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berupa pemanfaatan dalam
mencari informasi berkaitan dengan tugas-tugas mata kuliah. Kebijakan
universitas yang mewajibkan uploading
silabus dan handout perkuliahan mendorong
mahasiswa dan dosen untuk secara aktif menggunakan teknologi informasi dan
koumikasi.
Fasilitas
bahan ajar di jurusan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen
diantaranya koleksi hasil penelitian mahasiswa dan dosen (skripsi, tesis dan
desertasi). Buku-buku teks penunjang perkuliahan tersedia di perpustakaan
pusat dan di jurusan. Pemanfaatan fasilitas pembelajaran diatur dalam
prosedur baku yang telah ditetapkan agar fasilitas yang digunakan relatif
terjaga dan terpelihara.
|
6.5.2 Beri tanda √ pada kolom yang sesuai (hanya satu kolom) dengan aksesibilitas
tiap jenis data, dengan mengikuti format tabel berikut:
No
|
Jenis
Data
|
Sistem Pengelolaan Data
|
|||
Secara
Manual
|
Dengan
komputer
tanpa
jaringan
|
Dengan
Komputer
Jaringan
Lokal (LAN)
|
Dengan komputer
Jaringan
Luas (WAN)
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Mahasiswa
|
-
|
-
|
√
|
-
|
2
|
Kartu Rencana Studi (KRS)
|
-
|
-
|
√
|
-
|
3
|
Jadwal Mata Kuliah
|
-
|
√
|
√
|
-
|
4
|
Nilai Mata Kuliah
|
-
|
-
|
√
|
-
|
5
|
Transkrip Akademik
|
-
|
-
|
√
|
-
|
6
|
Lulusan
|
-
|
√
|
√
|
-
|
7
|
Dosen
|
-
|
√
|
√
|
-
|
8
|
Pegawai
|
-
|
√
|
√
|
-
|
9
|
Keuangan
|
-
|
√
|
√
|
-
|
10
|
Inventaris
|
-
|
√
|
√
|
-
|
11
|
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar