STANDAR 6 PEMBIAYAAN, PRASARANA, SARANA, DAN SISTEM INFORMASI



 

Standar 6

 

PeMBIAYAAN, Prasarana, Sarana, DAN SISTEMINFORMASI


6.1   Pengelolaan Dana
Keterlibatan aktif program studi tercerminkan dalam dokumen tentang proses perencanaan, pengelolaan dan pelaporan serta pertanggung-jawaban penggunaan dana kepada pemangku kepentingan melalui mekanisme yang transparan dan akuntabel.


Proses perencanaan dan pengelolaan anggaran hingga pelaporannya di Jurusan Pendidikan Seni Rupa dilakukan sesuai mekanisme yang ditetapkan universitas. Tahapan pertama dalam penyusunan RKAT (Rancangan Kegiatan Anggaran Tahunan) jurusan merupakan tindaklanjut dari  arahan dan instruksi pada rapat di tingkat universitas yang dihadiri oleh para pimpinan prodi, jurusan, fakultas hingga universitas.Informasi dan arahan yang diberikan dalam rapat tingkat universitas ini kemudian ditindaklanjuti dengan rapat kordinasi di tingkat fakultas dan jurusan.
Proses pembuatan RKAT di jurusan dilakkukan oleh team dosen yang ditunjuk sesuai dengan tanggung jawab bidang yang diamanatkan dalam struktur organisasi jurusan. Usulan dari masing-masing bidang ini kemudian di susun oleh tim penyusun RKAT yang dipimpin langsung oleh ketua jurusan. Draft RKAT selanjutnya dibahas bersama-sama sebelum diajukan ke universitas melalui fakultas.
Dalam hal pengelolaan, sesuai kebijakan keuangan universitas mulai tahun 2011pengelolaan keuangan Jurusan berada dibawah pengawasan fakultas. Setiap anggaran yang dibutuhkan oleh pihak jurusan harus melalui melalui mekanisme pengajuan kepada pejabat keuangan di fakultas berupa DUK (daftar usulan keuangan). Usulan tersebut ditelaah kembali oleh pejabat keuangan di tingkat fakultassebelum diusulkan ke tingkat universitas untuk direalisasikan. Penelaahan ini diperlukan agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan dalam penggunaan maupun pelaporan
Penggunaan dana ini kemudian dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku, diantaranya melalui SPJ dalam berbagai bentuk bukti penggunaan dana. Penggunaan dana di tingkat jurusan ini senantiasa diinformasikan kepada dosen secara lisan maupun tertulis, baik dalam rapat jurusan maupun kesempatan lainnya yang memungkinkan untuk tersampaikannya informasi tersebut. Pada setiap akhir tahun anggaran atau menjelang pengajuan RKAT baru, dilakukan evaluasi realisasi RKAT dalam rapat intern jurusan. Rapat evaluasi ini sangat diperlukan untuk meminimalisir penyimpangan dalam penggunaan dana maupun realisasi program kerja.
Gambaran alur perencanaan dan realisasi dana kegiatan jurusan dapat dilihat dalam bagan sebagai berikut.













Gambar 6.1. Mekanisme Perencanaan dan Pengelolaan jurusan



6.2   Perolehan dan Alokasi Dana
6.2.1  Tuliskan realisasi perolehan dan alokasi dana (termasuk hibah) dalam juta rupiah termasuk gaji,  selama tiga tahun terakhir, pada tabel berikut:



Sumber Dana
Jenis Dana
Jumlah Dana (Juta Rupiah)
TS-2
TS-1
TS
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
PT sendiri
Dana Masyarakat (dana tabungan universitas)
677.425.000
650.120.000
761.417.000
Yayasan




Diknas




Sumber lain




Total
677.425.000
650.120.000
761.417.000

Penggunaan dana:
No.
Jenis Penggunaan
Persentase Dana
TS-2
TS-1
TS
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
Pendidikan
487.225.000
337.639.000
20.000.000
12.000.000
9.806.000
411.471.000 4.900.000
37.500.000
54.000.000
15.000.000

2
Penelitian
52.000.000
11.480.000
10.000.000
10.680.000
12.000.000
39.300.000
22.550.000
20.000.000
3
Pengabdian kepada Masyarakat
61.950.000
19.840.000
11.380.000
4
Investasi prasarana



5
Investasi sarana

20.000.000

6
Investasi SDM
25.250.000
20.000.000
69.860.000
69.380.000
9.000.000

Lain-lain :
51.000.000
106.621.000





No.
Jenis Penggunaan
(lain-lain)
Persentase Dana
TS-2
TS-1
TS
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1.     
Kemahasiswaan
19.000.000
11.000.000
5.650.000
2.     
Pengembangan Usaha



3.     
Peningkatan Citra UPI

25.160.000
45.480.000
4.     
Penataan Kelembagaan dan Sistem manajemen
32.000.000
12.180.000
84.380.000
5.     
Persiapan Akreditasi BAN PT
-

12.000.000
3.906.000

6.     
Persiapan dan Implementasi mutu ISO 9001: 2008
-
12.000.000
5.900.000
7.     
Pengembangan Sistem Pendidikan Profesional Guru
-
34.281.000




6.2.2  Dana untuk kegiatan penelitian pada tiga tahun terakhir yang melibatkan dosen yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi, dengan mengikuti format tabel berikut:

Tahun
Judul Penelitian
Sumber dan Jenis Dana
Jumlah Dana*
(dalam Juta Rupiah)
(1)
(2)
(3)
(4)
2010
Pengaruh Game Ber-Genre First Person Shooter Terhadap Pengguna Video Games di Kota Bandung dalam Kajian Semiotik dan Psychoculture
Hibah Kompetitif UPI
15.000.000
2010
Pengembangan Model Program Wisata Pendidikan Batik sebagai Wahana Pembelajaran Apresiasi Masyarakat
Program Unggulan
30.000.000
2010
Pengaruh Media Massa Pada Penciptaan Karya Seni Rupa Kontemporer
Hibah Kompetitif UPI
15.000.000
2010
Dampak Sertifikasi terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru (Studi Deskriptif Dampak Penyelenggaraan Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru SMA di Jawa Barat).
Penelitian Kelembagaan UPI
50.000.000
2011
Eksplorasi Penggunaan Bahan Fiksasi untuk Menentukan Jenis dan Arah Warna pada Proses Pewarnaan Kain Batik dengan Zat Warna Alam (ZPA)
Penelitian Dosen Pembinaan Dosen Muda
8.850.000
2012
Penciptaan Desain Motif Batik UPI sebagai Upaya untuk Meningkatkan Identitas Lembaga (Corporat Identity)
Penelitian Unggulan Berorientasi  Hak Kekayaan Intelektual
74.750.000
2012
Model Pengembangan Kewirausahaan Kreatif  di Priangan Timur
Penelitian Penugasan UPI
50.000.000
2012
Kajian Makna Komik Legenda Saung Kampret Karya Dwi Kundoro melalui Pendekatan Ikonologis
Penelitian Dosen Muda
15.000.000
2013
Desain Motif Batik pada Sentra Industri Kerajinan Batik Tumbuh di Jawa Barat (Studi Komparatif Tema, Jenis, Fungsi dan Visual Estetik pada Desain Motif Batik Tumbuh di  Jawa Barat)
Hibah Penelitian Skim Pembinaan dan Pengembangan
Kelompok Bidang Ilmu
(PPKBI)

50.000.000
2013
Ekspresi Perempuan di Pesisir Pantai Utara: Kajian Gender, Estetik, dan Semiotik Motif Batik Indramayu di Desa Paoman Kabupaten Indramayu
Hibah Penelitian Skim Pembinaan dan Pengembangan
Kelompok Bidang Ilmu
(PPKBI)

50.000.000
Jumlah

* Di luar dana penelitian/penulisan skripsi, tesis, dan disertasi sebagai bagian dari studi lanjut.


6.2.3Dana yang diperoleh dari/untuk kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat pada tiga tahun terakhir dipaparkan pada tabel berikut:
Tahun
Judul Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat
Sumber dan Jenis Dana
Jumlah Dana
(dalam Juta Rupiah)
(1)
(2)
(3)
(4)
2010
Pengembangan Desa Sehat, Cerdas dan Sejahtera sebagai Laboratorium Sosial dan Pendidikan Melalui Workshop Kriya Ikat Celup Pada Guru-Guru Dan Anggota PKK di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung
UPI
11.000.000
2011
Desa Mandiri, Gotong Royong, dan Sejahtera melalui Wisata Angklung Sundadi Kawasan LABSOSDIK UPI – Kabupaten Subang
UPI
90.000.000
2012
Desa Wisata Berbasis Seni Tradisional di Ciater Kabupaten Subang
UPI
75.000.000
2013
Model Pembinaan Industri Kreatif pada Bidang Kriya untuk Meningkatkan TarafEkonomi Masyarakat di Desa Tegalgede Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut
UPI
65.000.000


6.3   Prasarana
6.3.1 Data ruang kerja dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS dengan mengikuti format tabel berikut:
Ruang Kerja Dosen
Jumlah Ruang
Jumlah Luas (m2)
(1)
(2)
(3)
Satu ruang untuk lebih dari 4 dosen
1
48
Satu ruang untuk 3 - 4 dosen
4
88
TOTAL
5
213

6.3.2   Data prasarana(kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali  ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses belajar mengajar dengan  mengikuti format tabel berikut:

NO.
JENIS PRASARANA
Jmlh.
Ruang
Total
Luas
(m2)
KEPE-MILIKAN
KONDISI
Utilisasi (Jam/minggu)
(1 jam = 50 menit)
SD
SW
Trwt
Tdk
Trwt
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)

Lantai Basment Gedung A








Ruang Produk Expo/Kelas
1
116


40

Painting Art/Kelas
1
106


16

Lab Batik/Ruang Lukis
1
58


16

Ruang Gudang/Pusat Listrik
1
20




Ruang Alat Kebersihan/ME
1
12




Toilet/WC Laki-laki
1
20




Toilet/WC Perempuan
1
12




Ruang Produk Expo
1
58


16

Ruang Produk Expo
1
58


16

Kriya Art Workshop
1
150


48

Ruang Patung
1
120


16

Lantai 1 Gedung A








Kelas
1
116


100

Kelas
1
58


100
14.     
Ruang Koleksi Sumber Belajar
1



30

Ruang Kerja Dosen Seni Rupa
1
58




Ruang Kerja Dosen Seni Rupa
1
30




Ruang Kerja Dosen Seni Rupa
1
30




Ruang Kerja Dosen Seni Rupa
1
30




Ruang Kerja Dosen Seni Rupa
1
30



20.     
Ruang KaJurs. Seni Rupa
1
58




Ruang Sek Jurs. Seni Rupa
1
58



22.     
Ruang TU Jurs. Seni Rupa
1
116




Lantai 2 Gedung A








Kelas
1
58


100

Kelas
1
58


100

Lantai 3 Gedung A








Ruang Komputer Grafis
1
62


8

Lab Fotografi
1
62


8

Lantai 1 Gedung Eks-FPMIPA








Studio Keramik
1
59,50


16

Studio Patung
1
59,50


16

Studio Batik
1
59,50


16

Gudang/Alat dan bahan
1
29,75



Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama

6.3.3 Data prasarana lain yang menunjang(misalnya tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, poliklinik) dengan mengikuti format tabel berikut:
No
Jenis Prasarana Penunjang
Jumlah Unit
Total Luas (m2)
Kepemilikan
Kondisi
Pengelola
SD
SW
Tera-wat
Tdk Terawat
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1.        
Ruang Perpustakaan
1
12.000



2.        
Asrama Mahasiswa
3
3.167,5


Biro Asset dan Fasilitas UPI
3.        
Gedung PKM
1
1.888,0


4.        
Gedung Stadion Mini
1
2.280,0


5.        
Kolam Renang
1
8.000,0


6.        
Gd. Kebudayaan
1
1.060,0


7.        
Training Centre
1
5.223,0


8.        
Poliklinik
1
704,5,0


Poliklinik
9.        
Islamic Training Centre
1
6.911,64


ITC
Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama.
6.4   Sarana Pelaksanaan Kegiatan Akademik
6.4.1  Pustaka (buku teks, karya ilmiah, dan jurnal; termasuk juga dalam bentuk CD-ROM dan media lainnya)
Rekapitulasi jumlah ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang Jurusan pada format tabel 1 berikut:

Tabel 1. Rekapitulasi jumlah ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang Jurusan
Jenis Pustaka
Jumlah Judul
Jumlah Copy
(1)
(2)
(3)
Buku teks
42
45
Jurnal nasional yang terakreditasi
-

Jurnal internasional
-

Prosiding
-

Skripsi
558

Tesis
-
-
Disertasi
2

CD Pembelajaran
16
23
Video
7
7
TOTAL



Jurnal/prosiding seminar yang tersedia/yang diterima secara teratur (lengkap), terbitan 3 tahun terakhir dengan mengikuti format tabel 2 berikut:
Tabel 2.  Jurnal yang tersedia/yang diterima secara teratur (lengkap), terbitan 3 tahun terakhir
Jenis
Nama Jurnal
Rincian Tahun dan Nomor
Jumlah
(1)
(2)
(3)
(4)
Jurnal Terakreditasi DIKTI *



Jurnal Internasional *



Catatan * = termasuk e-journal.
6.4.2Sumber-sumber pustaka di lembaga lain (lembaga Perpustakaan/ sumber dari internet beserta  alamat website) yang biasa diakses/dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa.

Sumber-sumber pustaka lembaga lain terdapat di Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan perguruan tinggi lain, dan sumber dari website yang dapat diunduh melalui : 
  1. www.upi.edu
a.  http:/search.ebscohost.com.
b.  www.proquest.com/pgdweb
c.  http://online.sagepub.com/
d.  http://www.igpublish.com
e.  http://www.oxfordjournals.org/
f.   http://infotrac.galegroup.com/default
  1. www.dikti.go.id
a.  http://e-journal.dikti.go.id,
b.  http://e-learning.dikti.go.id
  1. www./ib.itb.ac.id.
  2. www.library.nu.com
  3. http://www.mediafire.com

1.4.3    Peralatan utama yang digunakan di laboratorium (tempat praktikum, bengkel, studio, ruang simulasi, rumah sakit, puskesmas/balai kesehatan, green house, lahan untuk pertanian, dan sejenisnya) yang dipergunakan dalam proses pembelajaran di jurusan/fakultas pada  format tabel berikut:



No.
Nama Laboratorium
Jenis Peralatan Utama
Jmlh. Unit
KEPEMILIKAN
KONDISI
Utilisasi (Jam/
minggu)
SD
SW
Trwt
Tdk.
Trwt
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)









1
Lab Fotografi
Meja Komputer
16


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
AC Split
1


Beam Light for Studio
1


Flash Studio
2


Profesional Tripod
1


Beam Light/Lampu Sorot
5


Komputer PC
1


DVD Player
1


Televisi
1


Background
1


Kamera Analog
1


Kamera Analog
1











2
Studio Gambar dan Desain 1
Kursi Kuliah
36


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Papan Tulis
1


White Board
1


Meja Kerja
1


Panel
5


Meja Kerja
1


Kursi Kerja Putar Kecil
1











3
Studio Praktek Seni Rupa 1
White Board
2


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Papan Tulis
1


Meja Kerja
1


Meja Gambar
14


Meja Kerja
16


Kursi Kuliah
48









4
Studio Praktek Seni Rupa 2
Tungku Keramik Besar
1


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Tungku Keramik Kecil
1


Alat Produk Tanah Liat
2


Mesin Press
1


Klesin Press
4


Meja Sablon
1


Meja Sablon
1


Mesin Jeger Keramik
2


Mesin Jeger Keramik
1


Mesin Jeger Keramik
1











5
Studio Gambar dan Desain 2
Angel Show
1


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Mesin Bubut
1


Mesin Bubut
1


White Board
1


Kursi ding klik
53


Meja Gambar
20


Meja Gambar Besar
10


Kursi Kerja Putar Kecil
12


Lemari Kayu
2











6
R. Pamer Karya 2
Meja Gambar
3


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Tabung Gas
6


Kompor Smawar
2


Alat Pengaduk Tanah Liat/Clay Mixer
1


Mesin Las Listrik
1


Compresor
1


Mesin Potong
1


Grinding Mesin
1


Palu
10


Pahat
10


Las Listrik
1


Layar LCD
1











7
R. Pamer Karya 1
Kompresor
2


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Stabilizer
1


Air Brush
1


Lemari Besi
1


Filling Cabinet
4


Mesin Sablon
1


Enlarger
1











8
Studio Seni Lukis
Etsel
10


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Etsel
4


Excel Kecil
50


Meja Kerja
3


Kursi dingklik
16











9
Studio Komputer Grafis
Komputer PC
13


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Meja Komputer
19


AC Split
1


Komputer PC
4


Komputer PC
1


Scanner
1


Telepon Intern
1


Hub Internet
1


Printer
1











10
Ruang Batik
Meja Kayu
4


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Lemari Besi
2


Filing Kabinet Besi
1


Etalase Kaca Panjang
1


Etalasi Kaca berdiri
1


Meja Besi Panjang
6


Meja Kaca Mountase
2


Lemari Perkakas Kayu
1


Lemari Perkakas batik
2


Kompor Gas semawar
1


Kompor Gas Kecil
2


Gas 3 Kg
2


Lemari Perkakas Kaca
1


Mesin Jahit
1


Meja Kerja
1











11
Ruang Patung
lemari Besi
1


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Lemari Kayu
1


Rak Besi
1


Meja Kayu
16


Kursi Dingklik
4


Drum Plastik Tanah
1


Meja Viktor
7


Meja Kayu Besar
8











12
Ruang Keramik
Meja
12


Sesuai kebutuhan materi perkuliahan
Kursi Dingklik
9


Meja Kayu
15


Meja Panjang
4


Rak Besi
1


Kursi Kayu
13


Kursi Kerja
5


Meja Putar Keramik
11


Keterangan:
SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri; SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama/Hak Pakai.


6.5   Sistem Informasi
6.5.1   Penjelasan sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh program studi untuk proses pembelajaran (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll.).


Dalam proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Seni Rupa, beberapa mata kuliah secara langsung memanfaatkan hardware dan software sebagai bagian integral dari materi perkuliahan seperti pada kuliah komputer grafis, desain komunikasi visual, media pembelajaran dan fotografi. Pada mata kuliah lainnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berupa pemanfaatan dalam mencari informasi berkaitan dengan tugas-tugas mata kuliah. Kebijakan universitas yang mewajibkan uploading silabus dan handout perkuliahan mendorong mahasiswa dan dosen untuk secara aktif menggunakan teknologi informasi dan koumikasi.
Fasilitas bahan ajar di jurusan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen diantaranya koleksi hasil penelitian mahasiswa dan dosen (skripsi, tesis dan desertasi). Buku-buku teks penunjang perkuliahan tersedia di perpustakaan pusat dan di jurusan. Pemanfaatan fasilitas pembelajaran diatur dalam prosedur baku yang telah ditetapkan agar fasilitas yang digunakan relatif terjaga dan terpelihara.


6.5.2    Beri tanda pada kolom yang sesuai (hanya satu kolom) dengan aksesibilitas tiap jenis data, dengan mengikuti format tabel berikut:

No
Jenis Data
Sistem Pengelolaan Data
Secara Manual
Dengan komputer
tanpa jaringan
Dengan Komputer
Jaringan Lokal (LAN)
Dengan komputer
Jaringan Luas (WAN)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
Mahasiswa
 -
 -
 -
2
Kartu Rencana Studi (KRS)
 -
 -
 -
3
Jadwal Mata Kuliah
 -
 -
4
Nilai Mata Kuliah
 -
 -
 -
5
Transkrip Akademik
 -
 -
 -
6
Lulusan
 -
 -
7
Dosen
 -
 -
8
Pegawai
 -
 -
9
Keuangan
 -
 -
10
Inventaris
 -
 -
11
Perpustakaan
 -
 -
 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar