STANDAR 3 KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN


STANDAR 3

 

KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN

 



3.1  Profil Mahasiswa dan Lulusan
3.1.1 Data seluruh mahasiswa reguler(1) dan lulusannya dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabelberikut:

TahunAkademik
DayaTampung
JumlahCalonMahasiswaReguler
JumlahMahasiswaBaru
Jumlah Total Mahasiswa
JumlahLulusan

IPK
LulusanReguler
PersentaseLulusanReguler
dengan IPK :
IkutSeleksi
Lulus Seleksi
Regular bukan Transfer
Transfer(3)
Regulerbukan Transfer
Trans-fer(3)
Regulerbukan Transfer
Trans-fer(3)
Min
Rat
Mak
< 2,75
2,75-3,50
> 3,50
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
(11)
(12)
(13)
(14)
(15)
(16)
TS-4 (09)
110
341
116
110
6*)
110
6*)
-
6
2,45
3,22
4,00
12.96
57.41
29.63
TS-3 (10)
100
381
111
108
3**)
94
3**)
-
3
2,78
3,25
3,76
0
81.58
18.42
TS-2 (11)
82
547
100
87
-
87
-
-
-
2,83
3,16
3,75
0
88.89
11.11
TS-1 (12)
85
371
82
23
-
23
-
-
-
2,67
3,23
3,70
4,76
76,19
19,05
TS (13)
85
362
57
23
-
23
-
-
-
2,81
3,35
3,78
0
61,11
63,64
Jumlah
462
2002
466
351
9
337
9
-
9







Catatan:
TS:Tahunakademikpenuhterakhirsaatpengisianborang
Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPKMaksimum
Catatan:
(1)  Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2)  Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3)  Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
Keterangan:
*)Mahasiswa transfer adalah mahasiswa lanjutan dari jenjang Diploma (D3) ke Sarjana (S1)
**)Mahasiswa transfer adalah mahasiswa lanjutan dari jenjang Diploma (D3) ke Sarjana (S1)dansatu orang dari program studiarsitektur

3.1.2 Tuliskan data mahasiswa non-reguler(2)dalam lima tahunterakhirdenganmengikuti format tabelberikut:
TahunAkademik
DayaTampung
JumlahCalonMahasiswa
JumlahMahasiswaBaru
Jumlah Total Mahasiswa
IkutSeleksi
Lulus Seleksi
Non-Reguler
Transfer(3)
Non-Reguler
Transfer(3)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
TS-4
-
-
-
-
-
-
-
TS-3
-
-
-
-
-
-
-
TS-2
-
-
-
-
-
-
-
TS-1
-
-
-
-
-
-
-
TS
-
-
-
-
-
-
-

3.1.3  Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir 2009-2011) di bidang akademik dan non-akademik

No.
Nama Mahasiwa
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan
Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
Prestasi yang Dicapai
(1)

(2)
(3)
(4)
1.     
UmbaraAsyati H.
Djarum Black ModifContez 2010
Wilayah
Juara I
Best Audio Design
Best Body Convertion
(King of King)
2.     
UmbaraAsyati H.
Auto Black Through Final Battle 2010
Nasional
Best Renault
King Nomine
3.     
DadanMaulana R.
Quicksilver National Design Competition 2010
Nasional
Finalis
4.     
DadanMaulana R.
LombaDesain Motif Batik Indonesia 2010
Nasional
Juara 1
5.     
DheinaLundi A.
Quicksilver Design National Competition 2010
Nasional
Finalis
6.     
ImanSukmana
Quicksilver National Design Competition 2010
Nasional
Finalis
7.     
JajangRahmat
KompetisiTeater Indonesia 2010 di Surabaya
Nasional
ArtistikTerbaik
8.     
FaridHeriNurdiana T
KejuaraanPencakSilatTenagaDasar Indonesia Se-Jawadan DKI Jakarta 2009
Wilayah
Juara I KategoriTandingKelas C Putra
9.     
Prayitno
LombaKomikFisika Physics Great Challenge Days 2010 di UPI
Lokal
Juara I
10.  
Prayitno
LombaKaligrafi Islam Se-Bandung Raya di Ponpes Al FalahCicalengkaKab. Bandung
Lokal
Juara II
11.  
Prayitno
Lomba Poster BNI Edu Fair 2010 di UPI
Lokal
Juara III
12.  
Sutrisno
PemilihanMahasiswaBerprestasi Award 2010 Versi BSO BEM REMA UPI
Lokal
Finalis 10 Terbaik
13.  
Jian Al Ma’arij
LombaFotografi POCI &WJIK HIKMI 2011
Regional
Juara I
14.  
Addienullah
LombaFotografi
The Mothers Day LDK UKDM UPI 2011
Lokal
Juara II
15.  
DimasDzulfadli, ErlinHerlina,
Financial Art Competition: “ Change the World with a Little Things”, 2013
Regional
Juara I
16.  
Jian Al Maarij
Finalis Lomba  Desain Batik TbiG 2013
Nasional
Finalis
17.  
Yati Rusmiati
Lomba Desain Souvenir Kebun Raya Bogor 2013
Nasional
Juara I



3.1.4 Data jumlahmahasiswaregulertujuhtahunterakhirdenganmengikuti format tabelberikut:

TahunMasuk
JumlahMahasiswaReguler per AngkatanpadaTahun*
JumlahLulusans.d. TS(dariMahasiswaReguler)
TS-6
TS-5
TS-4
TS-3
TS-2
TS-1
TS
(1)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
TS-6 (05)07
(a)=61
61
57
56
52
28
(b)=18
(c)=30
TS-5(06)08

66
65
63
62
50
33
16
TS-4 (07)09


80
80
68
67
44
17
TS-3 (08)10



(d) =80
87
87
(e) =84
(f) =0
TS-2 (09)11




111
111
111

TS-1 (10)12





100
100

TS (11)13






82

* Tidakmemasukkanmahasiswa transfer.
Catatan :huruf-huruf a, b, c, d, e dan f harustetaptercantumpadatabel di atas.


3.2 Layanan kepada Mahasiswa 

No.
Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa
Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1)
(2)
(3)
1.
Bimbingan dan konseling
LayananBimbingandankonseling di tingkatuniversitasberada di bawahkordinasi Unit PelayananTeknisLayananBimbingandanKonseling (UPT LBK). Layananbimbingandankonselingbertujuanmemberikanbantuankepadamahasiswa UPI untukmembantuparamahasiswa agar mampumencapaikematanganpribadinya, akademik-profesional (penguasaankeilmuandanketerampilan,dansosialkemasyarakatan), mampumenyesuaikandiridengankehidupan yang heterogin, multi etnis, budaya, dan agama.
Sasaranlayananbimbingandankonselingadalahsemuamahasiswa UPI, tetapidapatjugadiperluaskepadasasaranlain, seperti orang tuamahasiswadanmasyarakat.
Bantuanbimbingandankonseling yang diberikankepadamahasiswameliputipemberianbantuan/bimbingandalambidangpribadi, sosial, belajar, dankarir.
Di setiapjurusan/program studi, layananbimbingankepadamahasiswadiberikanolehpara PA (PembimbingAkademik) masing-masingmahasiswa di jurusanatauprogram studitersebut. Selain PA, paramahasiswadapatjugadatangke UPT LBK  (LayananBimbingandanKonseling) untukberkonsultasi/konselingataupsikotes. Dalamkasus-kasustertentu, para PA atauketuajurusan/program dapatmerujukmahasiswake UPT LBK untukmendapatkanbimbingandanlayanankhusus.
2.
Minat dan bakat (ekstra kurikuler)
Layanan dalam bidang minat bakat mahasiswa disalurkan melalui kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan tersebut dikoordinasikan bersama ormawa tingkat jurusan, fakultas dan universitas. Di tingkat universitas, pelayanan minat dan bakat mahasiswa dilakukan melalui kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UPI saat ini memilikibeberapaUKM yang bergerak dalam bidang kesehatan, olahraga, seni, penalaran, minat bakat, kepemimpinan dan keagamaan. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa sejak diterima menjadi mahasiswa di jurusan pendidikan seni rupa sekaligus tercatat sebagai anggota Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA). Himpunan mahasiswa Jurusan merupakan ormawa dengan lingkup anggota terkecil yaitu pada tingkat jurusan. banyak yang terlibat dalam unit kegiatan mahasiswa ini.
Pembinaan/pengembanganbakatdanminatmahasiswabertujuanuntukmenumbuhkem-bangkanapresiasidanberbagaikegiatanlain yang sesuaidenganvisi, misi, danfungsi UPI. Kegiatan-kegiatantersebutdilaksanakanbaikolehHimpunanMahasiswaJurusan, SenatMahasiswaFakultas/BEM Fakultas, BEM UPI dan Unit KegiatanMahasiswa (UKM). Beberapajenis Unit KegiatanMahasiswa (UKM) yang mengkoordinasikankegiatankemahasiswaantersebutdikategorikandalamBidangPenalaran, Olah Raga, Keagamaan, KeseniandanSastra, LingkunganHidupdanPencintaAlam, MinatKhusus,KesehatandanKepemimpinan
3.
Pembinaansoft skill
Softskill dimaknai sebagai kemampuan dan keterampilan seseorang untuk berhubungan dengan diri sendiri dan dengan orang lain. Pembinaan softskill tidak serta merta atau secara eksplisit dinyatakan dalam kurikulum pendidkan seni rupa di UPI. Walaupun demikian, sesuai dengan karakteristik keilmuan pendidikan seni yang bertujuan untuk mengembangkan potensi melalui seni rupa, maka kemampuan soft skill secara implisit menjadi bagian dari pembelajaran pendidikan seni rupa.
Secara khusus pembinaan soft skills mahasiswa dilakukan juga melalui kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan yang di kordinasi bersama oraganisasi kemahasiswaan dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas diupayakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan soft skill mahasiswa. Sebagai contoh, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa berhubungan (berkomunikasi) dengan orang lain, pada setiap akhir perkuliahan beberapa mata kuliah praktek berkarya, mahasiswa diwajibkan untuk mempresentasikan gagasan dan karyanya secara lisan maupun tertulis. Mata kuliah PLP yang merupakan mata kuliah praktek lapangan di sekolah-sekolah, mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan soft skill-nya terutama dalam berhubungan atau berkomunikasi dengan guru, staf administrasi sekolah, siswa dan orang tua siswa. Kemampuan soft skill yang baik sangat membantu mahasiswa menyelesaikan kuliah praktek lapangan ini dengan hasil yangmemuaskan.
4.
Beasiswa

Pemberian beasiswa kepada mahasiawa dilakukan dengan memperhatikan kriteria prestasi akademik dan kriteria kemampuan ekonomi. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan dan dapat dimanfaatkan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa, diantaranya adalah:
·      Beasiswa Bank Indonesia;
·      Beasiswa Bantuan Penulisan Skripsi/ Tugas Akhir;
·      Beasiswa BCA;
·      Beasiswa Bidik Misi (Beasiswa bagi siswa berprestasi dengan rekomendasi dari sekolah);
·      Beasiswa BMU dari UPI (bantuan biaya bagi mahasiswa yang tidak mampu);
·      Beasiswa BNI;
·      Beasiswa BRI;
·      Beasiswa Gubernur Jawa Barat;
·      Beasiswa Pikiran Rakyat;
·      Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA);
·      Beasiswa Peningkatan Prestasi Belajar (BPPB);
·      Beasiswa PT GudangGaram;
·      Beasiswa PT Jarum;
·      BeasiswaYayasanSupersemar; dan
·      Beasiswa Yayasan Toyota Astra (YTA).
5.

Kesehatan


Layanan kesehatan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI seperti juga mahasiswa UPI dari jurusan dan program studi lainnya diberikan melalui Poliklinik UPI yang siap untuk memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam. Layanan kesehatan ini mencakup :
A.   PelayananMedikDasar (6+1)
1.    Pengobatan (Umum dan gigi untuk mahasiswa dan masyarakat)
2.    KIA
3.    Gizi
4.    KesehatanLingkungan
5.    PromosiKesehatan
6.    PemberantasanPenyakitMenular
7.    KesehatanOlahraga
B.     RawatInap
1.    Pelayanangawatdaruratpertolonganpertama
2.    Pertolonganpersalinan normal
3.    Perawatan<5 hari="" span="">
C.     LaboratoriumPenunjang
1.    Lab. KlinikPratama
2.    Lab. Kesehatan Masyarakat; pengembangan ke :
§  Lab. Deteksi Dini Kelainan Tumbuh Kembang
§  Lab. Gizi
§  Lab. KesehatanOlahraga
(sumber: Informasi UPI 2011)

6.

Layanan Kegiatan Keagamaan

Layanan kegiatan keagamaan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI di berikan melalui aktivitas tutorial Pendidikan Agama Islam, Persekutuan Mahasiswa Kristen, dan kegiatan keagamaan lainnya sesuai dengan agama dan keyakinan mahasiswa. Kegiatan keagamaan ini diantaranya ada yang menjadi bagian dari kegiatan kurikuler seperti kegiatan tutorial Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan sebagai bagian dari perkuliahan Pendidikan Agama Islam (mata kuliah dasar umum). Layanan untuk kegiatan Ibadah keagamaan dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki universitas.




3.3    Evaluasi Lulusan

3.3.1  Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan
Adakah studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna?
        tidak ada
ü ada
Jika ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut.  Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini.

Metode, proses dan mekanisme studi pelacakan lulusan (tracer study) dilakukan melalui penelitian yang secarakhususdidanai oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa(sumber dana RKAT) dan diupayakan agar dapatdilaksanakanminimal satu tahun sekali.Instrumen survey berupaangketstudipelacakandikirimkan kepada lulusan serta pengguna lulusan. Data yang terkumpuldari survey inikemudianditindak lanjuti sebagai bahan referensi bagi Jurusankhususnyadalam kegiatan revisi kurikulum dan perencanaan kegiatan perkuliahan di Jurusan Pendidikan SeniRupa.
Studi pelacakan dilakukanjuga pada kegiatan-kegiatan insidentalsepertipameransenirupa, seminar nasional/internasional, pelatihandanworkshop. Komunikasi dengan alumni dilakukanjugamelaluiinternet (situsjejaringsosial,facebook twitter dll.), web siteJurusan Pendidikan Seni Rupadan secarainteraktifmelalui telepon atau sms.Hasil yang dijaring melalui survey pelacakan lulusandigunakandalamevaluasi perbaikan PBM, penggalangan danakegiatankemahasiswaan, informasi lowonganpekerjaan, dan membangun jejaringkemitraan. Info yang diperoleh dari para pengguna menjadimasukan yang pentinguntukmengetahuisejauhmanapara alumnus JurusanPendidikanSeniRupaFPBS UPI bekerja pada bidang pekerjaanataukeahlian yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikibaiksebagaitenagapendidikmaupunsebagaipraktisisenidandesain.

Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:
Nyatakan angka persentasenya(*)  pada kolom yang sesuai.


No
JenisKemampuan
TanggapanPihakPengguna
Rencana Tindak Lanjut Oleh Jurusan
SangatBaik
Baik
Cukup
Kurang
(%)
(%)
(%)
(%)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.
Integritas (etikadan moral)
21
79
0
0
Memperkuatmuatannilai-nilaietikadan moral secaraterintegrasidalammateripembelajaran.
2.
Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)
23
55
22
0
Meningkatkan kompetensi lulusan sesuai bidang keahliannya terutama yang berkaitan dengan keahlian pendidikan seni rupa
3.
BahasaInggris
0
0
63
37
Meningkatkankompe-tensibahasaInggrismelaluipeningkatankualitasperkuliahandantugas-tugasmatakuliahsecaraterintegrasimelaluiliteraturberbaha-saInggris.
4.
PenggunaanTeknologiInformasi
0
42
58
0
Memaksimalkankemampuanmahasiswadanlulusandenganmengintegrasikanpenggunaanteknologiinformasidankomuni-kasidalamsetiapmatakuliah.
5.
Komunikasi
0
95
5
0
Memberikankesempatankepadamahasiswa yang lebihbesardalampresentasigagasannya di setiapmatakuliahsecaralisanmaupuntertulis. Secarakhususkemampuankomunikasiinidiperkuatmelaluimatakuliah yang menun-jangprofesikeguruanterutamakomunikasidalam proses pembelajaran.
6.
Kerjasamatim
0
43
57
0
Kemampuankerjasamatimditumbuhkembang-kanmelaluipenugasankelompokdalam proses pembelajaran, maupunkordinasidalamkegiatankemahasiswaan.
7.
Pengembangandiri
0
90
10
0
Peningkatanmotivasidanusahapengembang-an dirimahasiswadanlulusandilakukandenganmengoptimalkanfungsiPembimbingAkademikdankerjasamadengan unit bimbingankonsesling di tingkatuniversitas
Total
(a)
(b)
(c)
(d)


Catatan :  Dokumen pendukung disediakan pada saat visitasi(*) persentase tanggapan pihak pengguna = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang ada)] x 100


3.3.2 Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama 0 - 3 bulan. Data ini diperoleh diperoleh melalui survey penelurusan lulusandenganmemperhitungkan, masa tunggu sejak bulandantahunkelulusan, bidang dan tempat pekerjaanserta penyebaran angket saat temu alumni.

3.3.3 Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = sekira 85% (sebaran angket 85 orang dari 100 angket yng disebar) umumnya sebagai tenaga pendidik di berbagai satuan pendidikan baik di taman kanak-kanak (PAUD), di tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP), pada tingkat sekolah menengah umum dan kejuruan serta di tingkat pendidikan tinggi. Sebagian kecil lulusan bekerja pada bidang non keguruan tetapi sesuai dengan keahlian seni rupa yang dimilikinya seperti menjadi seniman, desainer, kriyawan, art director, kurator, art management dsb. Prosentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya (pendidik seni rupa) maupun pada bidang lainnya (bidang seni rupa non pendidikan) tersebutdiperolehmelalui survey dan penyebaran angket saat temu alumni.

3.4   Himpunan Alumni

Ikatan alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI pada awalnya berada dibawah naungan KBSR (Keluarga Besar Seni Rupa) IKIP Bandung, sebuah wadah komunikasi antara mahasiswa, dosen dan alumni di Jurusan Pendidikan Seni Rupa IKIP Bandung. Ketua KBSR saat ini adalah saudara Drs. Muchtar alumnus Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI angkatan 1990. Alamat korespondensi ikatan alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI  menggunakanalamat Kantor Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI, Gd. FPBS Lt. 1, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 40154. Telp. 2013163 Pes. 24114.
Sejalan dengan revitalisasi IKA Alumni Universitas Pendidikan Indonesia, maka IKA Alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI berupaya untuk selalu menjalin kordinasi dan kerjasama dengan menempatkan alumni jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI sebagai pengurus IKA Alumni UPI. Jejaring kemitraan dengan alumni dilakukan melalui situs jejaring sosial, dan kegiatan bersama dalam bentuk pameran seni rupa dan workshop bagi guru-guru seni rupa.
Keberadaan alumni memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan akademik dan non akademik. Bendtuk dukungan berupa sumbangan dana, sumbangan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan akademik, pengembangan jejaring dan penyediaan fasilitas untuk  kegiatan akademik.
Dukungan dana dari alumni sampai saat ini baru pada kegiatan kemahasiswaan yang dikordinasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dalam bentuk donatur atau sponsor kegiatan. Hal ini lain juga mengenai sumbangan fasilitas dari alumni seperti galeri juga bisa diakses oleh sivitas aksdemik
Peranan alumni dalam bidang akademik diperoleh jurusan terutama yang berkenaan dengan pengembangan kurikulum dan materi perkuliahan di jurusan berdasarkan dinamika lingkup pekerjaannya. Melalui tracer study dan jajak pendapat diperoleh gambaran awal mengenai peran alumni di masyarakat.
Alumni juga memiliki kontribusi untuk pengembangan jejaring kemitraan dengan stakeholder lain. Para alumni yang sudah berhasil sering melakukan sharring berkaitan dengan pengalaman di masyarakat. Berbagai dukungan kegiatan alumni terhadap jurusan seperti dalam kegiatan seminar, workshop, pameran dan kegiatan kemahasiswaan telah terjalin dengan baik.
Salah satu bentuk kegiatan sebagai kontribusi alumni dalam membina kompetensi mahasiswa dalam bidang bakat dan minat mahasiswa  dalam tiga tahun terakhir adalah kegiatan rutin Himasra Art Award yang dilaksanakan pada tidap tanggal 1 Juni. Kegiatan ini digagas oleh Drs. Rudi Setiadharma, momentum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam merancang konsep berkarya seni serta pameran karya yang dikurasi oleh beberapa orang kritikus serta di apresiasi oleh masyarakat luas.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar