STANDAR 3 |
KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN |
3.1 Profil Mahasiswa dan Lulusan
3.1.1 Data seluruh mahasiswa reguler(1)
dan lulusannya dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti
format tabelberikut:
TahunAkademik
|
DayaTampung
|
JumlahCalonMahasiswaReguler
|
JumlahMahasiswaBaru
|
Jumlah
Total Mahasiswa
|
JumlahLulusan
|
IPK
LulusanReguler
|
PersentaseLulusanReguler
dengan IPK
:
|
||||||||
IkutSeleksi
|
Lulus Seleksi
|
Regular bukan Transfer
|
Transfer(3)
|
Regulerbukan Transfer
|
Trans-fer(3)
|
Regulerbukan Transfer
|
Trans-fer(3)
|
Min
|
Rat
|
Mak
|
< 2,75
|
2,75-3,50
|
> 3,50
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
(11)
|
(12)
|
(13)
|
(14)
|
(15)
|
(16)
|
TS-4 (09)
|
110
|
341
|
116
|
110
|
6*)
|
110
|
6*)
|
-
|
6
|
2,45
|
3,22
|
4,00
|
12.96
|
57.41
|
29.63
|
TS-3 (10)
|
100
|
381
|
111
|
108
|
3**)
|
94
|
3**)
|
-
|
3
|
2,78
|
3,25
|
3,76
|
0
|
81.58
|
18.42
|
TS-2 (11)
|
82
|
547
|
100
|
87
|
-
|
87
|
-
|
-
|
-
|
2,83
|
3,16
|
3,75
|
0
|
88.89
|
11.11
|
TS-1 (12)
|
85
|
371
|
82
|
23
|
-
|
23
|
-
|
-
|
-
|
2,67
|
3,23
|
3,70
|
4,76
|
76,19
|
19,05
|
TS (13)
|
85
|
362
|
57
|
23
|
-
|
23
|
-
|
-
|
-
|
2,81
|
3,35
|
3,78
|
0
|
61,11
|
63,64
|
Jumlah
|
462
|
2002
|
466
|
351
|
9
|
337
|
9
|
-
|
9
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
TS:Tahunakademikpenuhterakhirsaatpengisianborang
Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPKMaksimum
Catatan:
(1) Mahasiswa program reguler adalah
mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas
pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2) Mahasiswa program non-reguler adalah
mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa
yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah
diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.
Keterangan:
*)Mahasiswa transfer adalah mahasiswa lanjutan
dari jenjang Diploma (D3) ke Sarjana (S1)
**)Mahasiswa transfer adalah mahasiswa lanjutan
dari jenjang Diploma (D3) ke Sarjana (S1)dansatu orang dari program
studiarsitektur
3.1.2 Tuliskan data mahasiswa non-reguler(2)dalam lima
tahunterakhirdenganmengikuti format tabelberikut:
TahunAkademik
|
DayaTampung
|
JumlahCalonMahasiswa
|
JumlahMahasiswaBaru
|
Jumlah Total Mahasiswa
|
|||
IkutSeleksi
|
Lulus Seleksi
|
Non-Reguler
|
Transfer(3)
|
Non-Reguler
|
Transfer(3)
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
TS-4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
TS-3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
TS-2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
TS-1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
TS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.1.3 Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir 2009-2011)
di bidang akademik dan non-akademik
No.
|
Nama Mahasiwa
|
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan
|
Tingkat
(Lokal, Wilayah, Nasional, atau Internasional)
|
Prestasi
yang Dicapai
|
(1)
|
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
1.
|
UmbaraAsyati H.
|
Djarum Black ModifContez 2010
|
Wilayah
|
Juara I
Best Audio Design
Best Body Convertion
(King of King)
|
2.
|
UmbaraAsyati H.
|
Auto Black Through Final Battle 2010
|
Nasional
|
Best Renault
King Nomine
|
3.
|
DadanMaulana R.
|
Quicksilver National Design Competition 2010
|
Nasional
|
Finalis
|
4.
|
DadanMaulana R.
|
LombaDesain Motif Batik
Indonesia 2010
|
Nasional
|
Juara 1
|
5.
|
DheinaLundi A.
|
Quicksilver Design National Competition 2010
|
Nasional
|
Finalis
|
6.
|
ImanSukmana
|
Quicksilver National Design Competition 2010
|
Nasional
|
Finalis
|
7.
|
JajangRahmat
|
KompetisiTeater
Indonesia 2010 di Surabaya
|
Nasional
|
ArtistikTerbaik
|
8.
|
FaridHeriNurdiana T
|
KejuaraanPencakSilatTenagaDasar
Indonesia Se-Jawadan DKI Jakarta 2009
|
Wilayah
|
Juara I KategoriTandingKelas C Putra
|
9.
|
Prayitno
|
LombaKomikFisika
Physics Great Challenge Days 2010 di UPI
|
Lokal
|
Juara I
|
10.
|
Prayitno
|
LombaKaligrafi Islam
Se-Bandung Raya di Ponpes Al FalahCicalengkaKab. Bandung
|
Lokal
|
Juara II
|
11.
|
Prayitno
|
Lomba
Poster BNI Edu Fair 2010 di UPI
|
Lokal
|
Juara III
|
12.
|
Sutrisno
|
PemilihanMahasiswaBerprestasi
Award 2010 Versi BSO BEM REMA UPI
|
Lokal
|
Finalis 10 Terbaik
|
13.
|
Jian
Al Ma’arij
|
LombaFotografi
POCI &WJIK HIKMI 2011
|
Regional
|
Juara I
|
14.
|
Addienullah
|
LombaFotografi
The
Mothers Day LDK UKDM UPI 2011
|
Lokal
|
Juara II
|
15.
|
DimasDzulfadli,
ErlinHerlina,
|
Financial
Art Competition: “ Change the World with a Little Things”, 2013
|
Regional
|
Juara I
|
16.
|
Jian Al Maarij
|
Finalis Lomba
Desain Batik TbiG 2013
|
Nasional
|
Finalis
|
17.
|
Yati Rusmiati
|
Lomba Desain Souvenir Kebun Raya Bogor 2013
|
Nasional
|
Juara I
|
3.1.4 Data
jumlahmahasiswaregulertujuhtahunterakhirdenganmengikuti format tabelberikut:
TahunMasuk
|
JumlahMahasiswaReguler per AngkatanpadaTahun*
|
JumlahLulusans.d. TS(dariMahasiswaReguler)
|
||||||
TS-6
|
TS-5
|
TS-4
|
TS-3
|
TS-2
|
TS-1
|
TS
|
||
(1)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
TS-6 (05)07
|
(a)=61
|
61
|
57
|
56
|
52
|
28
|
(b)=18
|
(c)=30
|
TS-5(06)08
|
|
66
|
65
|
63
|
62
|
50
|
33
|
16
|
TS-4 (07)09
|
|
|
80
|
80
|
68
|
67
|
44
|
17
|
TS-3 (08)10
|
|
|
|
(d) =80
|
87
|
87
|
(e) =84
|
(f) =0
|
TS-2 (09)11
|
|
|
|
|
111
|
111
|
111
|
|
TS-1 (10)12
|
|
|
|
|
|
100
|
100
|
|
TS (11)13
|
|
|
|
|
|
|
82
|
|
* Tidakmemasukkanmahasiswa transfer.
Catatan :huruf-huruf a, b, c, d, e
dan f harustetaptercantumpadatabel di atas.
3.2 Layanan kepada Mahasiswa
No.
|
Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa
|
Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
1.
|
Bimbingan dan konseling
|
LayananBimbingandankonseling di tingkatuniversitasberada
di bawahkordinasi Unit PelayananTeknisLayananBimbingandanKonseling (UPT LBK).
Layananbimbingandankonselingbertujuanmemberikanbantuankepadamahasiswa UPI
untukmembantuparamahasiswa agar mampumencapaikematanganpribadinya,
akademik-profesional
(penguasaankeilmuandanketerampilan,dansosialkemasyarakatan),
mampumenyesuaikandiridengankehidupan yang heterogin, multi etnis, budaya, dan
agama.
Sasaranlayananbimbingandankonselingadalahsemuamahasiswa
UPI, tetapidapatjugadiperluaskepadasasaranlain, seperti orang
tuamahasiswadanmasyarakat.
Bantuanbimbingandankonseling yang
diberikankepadamahasiswameliputipemberianbantuan/bimbingandalambidangpribadi,
sosial, belajar, dankarir.
Di setiapjurusan/program studi,
layananbimbingankepadamahasiswadiberikanolehpara PA (PembimbingAkademik)
masing-masingmahasiswa di jurusanatauprogram studitersebut. Selain PA,
paramahasiswadapatjugadatangke UPT LBK
(LayananBimbingandanKonseling) untukberkonsultasi/konselingataupsikotes.
Dalamkasus-kasustertentu, para PA atauketuajurusan/program
dapatmerujukmahasiswake UPT LBK untukmendapatkanbimbingandanlayanankhusus.
|
2.
|
Minat dan bakat (ekstra kurikuler)
|
Layanan dalam bidang minat bakat mahasiswa disalurkan melalui kegiatan
kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan tersebut dikoordinasikan bersama ormawa
tingkat jurusan, fakultas dan universitas. Di tingkat universitas, pelayanan
minat dan bakat mahasiswa dilakukan melalui kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa
(UKM). UPI saat ini memilikibeberapaUKM yang bergerak dalam bidang kesehatan,
olahraga, seni, penalaran, minat bakat, kepemimpinan dan keagamaan. Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Seni Rupa sejak diterima menjadi mahasiswa di jurusan
pendidikan seni rupa sekaligus tercatat sebagai anggota Himpunan Mahasiswa
Seni Rupa (HIMASRA). Himpunan mahasiswa Jurusan merupakan ormawa dengan
lingkup anggota terkecil yaitu pada tingkat jurusan. banyak yang terlibat
dalam unit kegiatan mahasiswa ini.
Pembinaan/pengembanganbakatdanminatmahasiswabertujuanuntukmenumbuhkem-bangkanapresiasidanberbagaikegiatanlain
yang sesuaidenganvisi, misi, danfungsi UPI.
Kegiatan-kegiatantersebutdilaksanakanbaikolehHimpunanMahasiswaJurusan,
SenatMahasiswaFakultas/BEM Fakultas, BEM UPI dan Unit KegiatanMahasiswa
(UKM). Beberapajenis Unit KegiatanMahasiswa (UKM) yang
mengkoordinasikankegiatankemahasiswaantersebutdikategorikandalamBidangPenalaran, Olah Raga, Keagamaan, KeseniandanSastra, LingkunganHidupdanPencintaAlam,
MinatKhusus,KesehatandanKepemimpinan
|
3.
|
Pembinaansoft skill
|
Softskill dimaknai sebagai
kemampuan dan keterampilan seseorang untuk berhubungan dengan diri sendiri
dan dengan orang lain. Pembinaan softskill
tidak serta merta atau secara eksplisit dinyatakan dalam kurikulum pendidkan
seni rupa di UPI. Walaupun demikian, sesuai dengan karakteristik keilmuan
pendidikan seni yang bertujuan untuk mengembangkan potensi melalui seni rupa,
maka kemampuan soft skill secara
implisit menjadi bagian dari pembelajaran pendidikan seni rupa.
Secara khusus
pembinaan soft skills mahasiswa dilakukan juga melalui kegiatan ekstra
kurikuler. Kegiatan yang di kordinasi bersama oraganisasi kemahasiswaan dari
tingkat jurusan, fakultas hingga universitas diupayakan untuk meningkatkan
kemampuan dan keterampilan soft skill
mahasiswa. Sebagai contoh, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan
mahasiswa berhubungan (berkomunikasi) dengan orang lain, pada setiap akhir
perkuliahan beberapa mata kuliah praktek berkarya, mahasiswa diwajibkan untuk
mempresentasikan gagasan dan karyanya secara lisan maupun tertulis. Mata
kuliah PLP yang merupakan mata kuliah praktek lapangan di sekolah-sekolah,
mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan soft skill-nya terutama dalam berhubungan atau berkomunikasi
dengan guru, staf administrasi sekolah, siswa dan orang tua siswa. Kemampuan soft skill yang baik sangat membantu
mahasiswa menyelesaikan kuliah praktek lapangan ini dengan hasil
yangmemuaskan.
|
4.
|
Beasiswa
|
Pemberian beasiswa
kepada mahasiawa dilakukan dengan memperhatikan kriteria prestasi akademik
dan kriteria kemampuan ekonomi. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan dan
dapat dimanfaatkan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa, diantaranya adalah:
·
Beasiswa Bank Indonesia;
· Beasiswa Bantuan Penulisan Skripsi/ Tugas Akhir;
·
Beasiswa BCA;
· Beasiswa Bidik Misi (Beasiswa bagi siswa berprestasi dengan rekomendasi
dari sekolah);
·
Beasiswa BMU dari UPI
(bantuan biaya bagi mahasiswa yang tidak mampu);
·
Beasiswa BNI;
·
Beasiswa BRI;
·
Beasiswa Gubernur Jawa
Barat;
·
Beasiswa Pikiran Rakyat;
· Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA);
·
Beasiswa Peningkatan
Prestasi Belajar (BPPB);
·
Beasiswa PT GudangGaram;
·
Beasiswa PT Jarum;
·
BeasiswaYayasanSupersemar; dan
·
Beasiswa Yayasan Toyota
Astra (YTA).
|
5.
|
Kesehatan
|
Layanan kesehatan bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan
Seni Rupa UPI seperti juga mahasiswa UPI dari jurusan dan program studi
lainnya diberikan melalui Poliklinik UPI yang siap untuk memberikan pelayanan
kesehatan selama 24 jam. Layanan kesehatan ini mencakup :
A.
PelayananMedikDasar (6+1)
1.
Pengobatan (Umum dan gigi
untuk mahasiswa dan masyarakat)
2. KIA
3. Gizi
4. KesehatanLingkungan
5. PromosiKesehatan
6. PemberantasanPenyakitMenular
7. KesehatanOlahraga
B. RawatInap
1. Pelayanangawatdaruratpertolonganpertama
2. Pertolonganpersalinan
normal
3. Perawatan<5 hari="" span="">5>
C. LaboratoriumPenunjang
1. Lab. KlinikPratama
2. Lab. Kesehatan Masyarakat; pengembangan ke :
§
Lab. Deteksi Dini Kelainan
Tumbuh Kembang
§ Lab. Gizi
§ Lab. KesehatanOlahraga
(sumber: Informasi UPI 2011)
|
6.
|
Layanan Kegiatan
Keagamaan
|
Layanan kegiatan keagamaan bagi
mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI di berikan melalui aktivitas
tutorial Pendidikan Agama Islam, Persekutuan Mahasiswa Kristen, dan kegiatan
keagamaan lainnya sesuai dengan agama dan keyakinan mahasiswa. Kegiatan
keagamaan ini diantaranya ada yang menjadi bagian dari kegiatan kurikuler
seperti kegiatan tutorial Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan sebagai
bagian dari perkuliahan Pendidikan Agama Islam (mata kuliah dasar umum).
Layanan untuk kegiatan Ibadah keagamaan dilaksanakan dengan memanfaatkan
fasilitas yang dimiliki universitas.
|
3.3 Evaluasi Lulusan
3.3.1 Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna
Lulusan
Adakah
studi pelacakan (tracer study) untuk
mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna?
tidak ada
ü ada
Jika
ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan
tersebut. Jelaskan pula bentuk tindak
lanjut dari hasil kegiatan ini.
Metode, proses dan mekanisme studi
pelacakan lulusan (tracer study)
dilakukan melalui penelitian yang secarakhususdidanai oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa(sumber
dana RKAT) dan diupayakan agar
dapatdilaksanakanminimal satu tahun sekali.Instrumen survey berupaangketstudipelacakandikirimkan kepada lulusan serta pengguna lulusan. Data yang terkumpuldari survey inikemudianditindak lanjuti sebagai bahan referensi bagi Jurusankhususnyadalam kegiatan revisi kurikulum dan perencanaan kegiatan perkuliahan di Jurusan Pendidikan SeniRupa.
Studi pelacakan dilakukanjuga pada kegiatan-kegiatan insidentalsepertipameransenirupa,
seminar nasional/internasional, pelatihandanworkshop. Komunikasi dengan alumni
dilakukanjugamelaluiinternet (situsjejaringsosial,facebook twitter dll.), web siteJurusan Pendidikan
Seni Rupadan secarainteraktifmelalui telepon atau sms.Hasil yang dijaring melalui survey pelacakan lulusandigunakandalamevaluasi perbaikan PBM, penggalangan danakegiatankemahasiswaan, informasi lowonganpekerjaan, dan membangun jejaringkemitraan. Info yang diperoleh dari para pengguna menjadimasukan
yang pentinguntukmengetahuisejauhmanapara alumnus JurusanPendidikanSeniRupaFPBS UPI bekerja pada bidang pekerjaanataukeahlian yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikibaiksebagaitenagapendidikmaupunsebagaipraktisisenidandesain.
|
Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:
Nyatakan angka
persentasenya(*) pada kolom yang sesuai.
No
|
JenisKemampuan
|
TanggapanPihakPengguna
|
Rencana Tindak Lanjut Oleh Jurusan
|
|||
SangatBaik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|||
(%)
|
(%)
|
(%)
|
(%)
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
1.
|
Integritas (etikadan moral)
|
21
|
79
|
0
|
0
|
Memperkuatmuatannilai-nilaietikadan
moral secaraterintegrasidalammateripembelajaran.
|
2.
|
Keahlian berdasarkan bidang ilmu
(profesionalisme)
|
23
|
55
|
22
|
0
|
Meningkatkan kompetensi lulusan sesuai bidang keahliannya terutama yang
berkaitan dengan keahlian pendidikan seni rupa
|
3.
|
BahasaInggris
|
0
|
0
|
63
|
37
|
Meningkatkankompe-tensibahasaInggrismelaluipeningkatankualitasperkuliahandantugas-tugasmatakuliahsecaraterintegrasimelaluiliteraturberbaha-saInggris.
|
4.
|
PenggunaanTeknologiInformasi
|
0
|
42
|
58
|
0
|
Memaksimalkankemampuanmahasiswadanlulusandenganmengintegrasikanpenggunaanteknologiinformasidankomuni-kasidalamsetiapmatakuliah.
|
5.
|
Komunikasi
|
0
|
95
|
5
|
0
|
Memberikankesempatankepadamahasiswa
yang lebihbesardalampresentasigagasannya di
setiapmatakuliahsecaralisanmaupuntertulis.
Secarakhususkemampuankomunikasiinidiperkuatmelaluimatakuliah yang menun-jangprofesikeguruanterutamakomunikasidalam
proses pembelajaran.
|
6.
|
Kerjasamatim
|
0
|
43
|
57
|
0
|
Kemampuankerjasamatimditumbuhkembang-kanmelaluipenugasankelompokdalam
proses pembelajaran, maupunkordinasidalamkegiatankemahasiswaan.
|
7.
|
Pengembangandiri
|
0
|
90
|
10
|
0
|
Peningkatanmotivasidanusahapengembang-an
dirimahasiswadanlulusandilakukandenganmengoptimalkanfungsiPembimbingAkademikdankerjasamadengan
unit bimbingankonsesling di tingkatuniversitas
|
Total
|
(a)
|
(b)
|
(c)
|
(d)
|
|
Catatan :
Dokumen pendukung disediakan pada saat visitasi(*) persentase tanggapan
pihak pengguna = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang
ada)] x 100
3.3.2 Rata-rata waktu
tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama
0 - 3 bulan. Data ini diperoleh diperoleh melalui survey penelurusan lulusandenganmemperhitungkan, masa tunggu sejak bulandantahunkelulusan, bidang dan tempat
pekerjaanserta penyebaran angket saat temu alumni.
3.3.3 Persentase
lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = sekira 85% (sebaran angket 85 orang dari 100 angket yng disebar) umumnya sebagai tenaga pendidik di berbagai satuan
pendidikan baik di taman kanak-kanak (PAUD), di tingkat pendidikan dasar (SD
dan SMP), pada tingkat sekolah menengah umum dan kejuruan serta di tingkat
pendidikan tinggi. Sebagian kecil lulusan bekerja pada bidang non keguruan
tetapi sesuai dengan keahlian seni rupa yang dimilikinya seperti menjadi
seniman, desainer, kriyawan, art director,
kurator, art management dsb.
Prosentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya
(pendidik seni rupa) maupun pada bidang lainnya (bidang seni rupa non
pendidikan) tersebutdiperolehmelalui survey dan penyebaran angket saat temu
alumni.
3.4 Himpunan
Alumni
Ikatan
alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI pada awalnya berada dibawah
naungan KBSR (Keluarga Besar Seni Rupa) IKIP Bandung, sebuah wadah komunikasi
antara mahasiswa, dosen dan alumni di Jurusan Pendidikan Seni Rupa IKIP
Bandung. Ketua KBSR saat ini adalah saudara Drs. Muchtar alumnus Jurusan
Pendidikan Seni Rupa UPI
angkatan 1990. Alamat korespondensi ikatan alumni
Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI
menggunakanalamat Kantor Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI, Gd.
FPBS Lt. 1, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 40154. Telp. 2013163 Pes.
24114.
Sejalan
dengan revitalisasi IKA Alumni Universitas Pendidikan Indonesia, maka IKA
Alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI berupaya untuk selalu menjalin
kordinasi dan kerjasama dengan menempatkan alumni jurusan Pendidikan Seni
Rupa UPI sebagai pengurus IKA Alumni UPI. Jejaring kemitraan dengan alumni
dilakukan melalui situs jejaring sosial, dan kegiatan bersama dalam bentuk
pameran seni rupa dan workshop bagi guru-guru seni rupa.
Keberadaan
alumni memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan akademik dan non
akademik. Bendtuk dukungan berupa sumbangan dana, sumbangan fasilitas,
keterlibatan dalam kegiatan akademik, pengembangan jejaring dan penyediaan
fasilitas untuk kegiatan akademik.
Dukungan
dana dari alumni sampai saat ini baru pada kegiatan kemahasiswaan yang
dikordinasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dalam bentuk
donatur atau sponsor kegiatan. Hal ini lain juga mengenai sumbangan fasilitas
dari alumni seperti galeri juga bisa diakses oleh sivitas aksdemik
Peranan
alumni dalam bidang akademik diperoleh jurusan terutama yang berkenaan dengan
pengembangan kurikulum dan materi perkuliahan di jurusan berdasarkan dinamika
lingkup pekerjaannya. Melalui tracer
study dan jajak pendapat diperoleh gambaran awal mengenai peran alumni di
masyarakat.
Alumni
juga memiliki kontribusi untuk pengembangan jejaring kemitraan dengan
stakeholder lain. Para alumni yang sudah berhasil sering melakukan sharring berkaitan dengan pengalaman
di masyarakat. Berbagai dukungan kegiatan alumni terhadap jurusan seperti
dalam kegiatan seminar, workshop, pameran dan kegiatan kemahasiswaan telah
terjalin dengan baik.
Salah
satu bentuk kegiatan sebagai kontribusi alumni dalam membina kompetensi mahasiswa
dalam bidang bakat dan minat mahasiswa
dalam tiga tahun terakhir adalah kegiatan rutin Himasra Art Award yang dilaksanakan pada tidap tanggal 1 Juni. Kegiatan
ini digagas oleh Drs. Rudi Setiadharma, momentum ini sangat bermanfaat bagi
mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam merancang konsep berkarya seni serta
pameran karya yang dikurasi oleh beberapa orang kritikus serta di apresiasi
oleh masyarakat luas.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar